Penelitian:Mendengarkan Musik dapat Merusak Konsentrasi Belajar

Mendengarkan musik ketika bekerja/belajar bagi sebagian orang menjadi sebuah kebiasaan. Bahkan sebagian orang beranggapan mereka tidak bisa bekerja dan belajar dengan baik tanpa mendengarkan musik. Namun menurut penelitian yang dilakukan oleh Nick Perham, PhD bersama rekan-rekannya di University of Wales Institute menemukan bahwa mendengarkan musik dapat mengganggu konsentrasi dan menurunkan kemampuan untuk mengingat.
Penelitian ini mengikutsertakan 25 orang responden, berdasarkan rentang umur 18 hingga 30 tahun. Mereka diuji daya mengingat informasi sambil mendengarkan musik.

Para responden diminta untuk mengingat delapan daftar konsonan dalam urutan tertentu. Mereka diuji dalam beberapa kondisi yang berbeda, yaitu lingkungan yang tenang, diputarkan musik yang disukai, musik yang tidak disukai, data yang tidak stabil (secara acak) dan data yang tidak stabil.

Hasilnya, kemampuan perserta dalam mengingat menjadi buruk ketika dalam kondisi mendengarkan musik. Musik yang tidak disukai atau musik yang disukai, sama-sama berdampak buruk terhadap daya ingat. Sebaliknya daya ingat lebih baik ketika berada di lingkungan yang tenang.

"Memori menurun ketika mendengarkan musik karena variasi dari bunyi-bunyian. Hal ini merusak kemampuan untuk mengingat urutan data dan pengulangan," ungkap Nick Perham, seperti dikutip health24.

Perham menyimpulkan untuk mengurangi dampak negatif dari musik saat bekerja atau harus mengingat informasi, sebaiknya dengarkan musik sebelum bekerja.

0 Response to "Penelitian:Mendengarkan Musik dapat Merusak Konsentrasi Belajar"

Posting Komentar

Page Rank Check