Mempercepat Proses Startup Windows XP Melalui Msconfig

Semakin banyak program yang terinstall dalam komputer tentunya juga akan berpengaruh pada proses start up Windows XP itu sendiri, karena ada beberapa program yang otomatis akan berjalan saat kita menyalakan komputer dan masuk ke Windows. Yang menjadi masalah adalah, belum tentu program-program yang berjalan bersamaan saat login Windows tersebut kita gunakan, jadi proses loading dari program tersebut malah akan membebani proses start up Windows (start up Windows jadi lebih lama).
Untuk mengantisipasi hal tersebut di atas, berikut ada sebuah tips yang bisa digunakan untuk menghentikan program-program tertentu yang tidak kita kehendaki berjalan bersama saat start up Windows.
Jalankan msconfig (klik Start kemudian pilih Run dan ketikkan msconfig dan Ok).
Setelah masuk ke panel System Configuration Utility, kita pilih tab menuStartup. Di dalam panel Startup ini akan terlihat beberapa program yang berjalan saat proses Startup Windows berjalan, nonaktifkan program yang tidak kita inginkan dengan menghilangkan tanda centang (pilih program yang benar-benar tidak kita butuhkan atau jarang kita akses, dalam contoh salah satunya saya pilih NokiaOviPlayer karena jika saya perlukan, program ini bisa saya jalankan dari Start Program). Jika sudah, klik Apply kemudian Ok, restart Windows untuk melihat perubahannya.
Karena kita telah merubah System Configuration Utility, maka setiap kali restart akan muncul pesan tentang perubahan System Configuration Utility tersebut, untuk menghilangkan pesan ini, tinggal centang Don’t show this message or launch System Configuration Utility when Windows start.
Untuk mengembalikan seting System Configuration Utility seperti sediakala, kita tinggal masuk dengan msconfig kembali dan buka tab menu Startup, kemudian centang kembali program yang sebelumnya kita pilih, atau bisa juga pada tab menu General kita pilih Normal Startup.
Semoga Bermanfaat

0 Response to "Mempercepat Proses Startup Windows XP Melalui Msconfig"

Posting Komentar