Mempercepat Windows XP dengan Menonaktifkan Indexing Services

Setelah sebelumnya lebih banyak menulis tentang tips dan trikoptimalisasi koneksi internet dan cara memonitor koneksi internet, untuk kali ini saya mencoba menulis tips sederhana untuk mengoptimalisasikan Windows XP supaya Windows XP bisa berjalan lebih cepat.
Untuk bagian pertama yang ingin saya informasikan di sini adalah tentang Indexing Services yang ada pada Windows XP. Indexing Services adalah proses indeks dan update daftar semua file yang ada di dalam komputer. Tujuannya agar pada saat kita mencari sesuatu (file) dalam komputer kita maka proses pencarian tersebut bisa lebih cepat karena bisa dicari langsung dari daftar file yang telah dibuat tadi. Proses indeks dan update file ini sendiri termasuk proses yang menghabiskan memory komputer.
Proses indeks dan update file yang dilakukan melalui Indexing Services ini sendiri sebenarnya tidak diperlukan, apalagi jika kita jarang melakukan pencarian file di dalam komputer, yang tejadi hanya memory yang habis digunakan dalam Indexing Services dan belum lagi tambahan file indeks yang dihasilkannya.
Indexing Services ini dapat kita nonaktifkan melalui Add or Remove Programs yang ada dalam Control Panel. Dalam Add or Remove Programskita klik Add/Remove Windows Components.
Hilangkan tanda centang pada Indexing Service yang ada dalam Windows Components Wizard, kemudian klik Next. Selanjutnya sistem Windows akan melakukan konfigurasi ulang komponennya, tunggu hingga selesai.
Sampai di sini proses penonaktifan Indexing Services telah selesai, jika kita ingin mengaktifkan kembali, kita tinggal mencentang lagi Indexing Service.
Itu tadi salah satu trik sederhana untuk meningkatkan kecepatan Windows XP, 
Semoga bermanfaat

0 Response to "Mempercepat Windows XP dengan Menonaktifkan Indexing Services"

Posting Komentar